Edit

Menilik Kembali 4 Tren Arsitektur Tahun 2022

Tren Arsitektur Tahun 2022 – Pembangunan yang berkelanjutan menjadi salah-satu tren arsitektur di tahun 2022 silam. 

Pembangunan yang berkelanjutan adalah suatu proses pembangunan yang mengoptimalkan manfaat dari sumber daya alam serta sumber daya manusia, dengan menyerasikan sumber alam dengan manusia dalam pembangunan.

Pembangunan yang berkelanjutan atau yang juga disebut sebagai sustainable development selalu menjadi perhatian bagi para pengembang dan juga arsitek, terlebih setelah diadakannya Conference of Parties 26 yang menghasilkan kesepakatan untuk mengendalikan perubahan iklim yang berdampak pada industri arsitektur, mesin, dan konstruksi – tiga industri penyumbang emisi karbon dioksida terbesar.

Selain dorongan untuk meningkatkan pembangunan dengan desain yang berkelanjutan serta konstruksi yang ramah lingkungan, juga terdapat sejumlah tren arsitektur di tahun 2022 silam. Mari kita melihat ke belakang sejenak untuk mengingat kembali beberapa tren arsitektur di sepanjang tahun 2022.

1. Desain Sederhana

Minimalisme dan kesederhanaan dalam desain arsitektural banyak digemari di tahun 2022, diterjemahkan dengan penggunaan material sederhana dan menonjolkan detail. Ornamen dan dekorasi berlebihan dihilangkan. 

Apakah desain arsitektural ini didorong oleh kendala anggaran yang timbul akibat pandemi yang masih berlangsung tahun lalu? Atau murni preferensi dari sebagian besar masyarakat?

2. Desain Sehat

Desain arsitektural yang sehat terus dikembangkan dari tahun ke tahun, terlebih ketika memikirkan mengenai ruang kerja fleksibel dan ruang adaptif untuk kerja-dari-rumah selama pandemi berlangsung.

Kesejahteraan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari desain arsitektural sehat, namun kesejahteraan spiritual dan ketenangan pikiran menjadi elemen ekstra selama masa pandemi. Ada kebutuhan untuk terhubung kembali – dengan manusia dan juga alam, tetapi ada juga kesadaran akan dampak kebiasaan dan konsumsi kita terhadap lingkungan.

3. Akses ke Alam

Keinginan akan ruang terbuka semakin meningkat akibat pembatasan sosial berskala besar selama dua tahun yang pernah diterapkan. Orang-orang berbondong-bondong meninggalkan kota mereka untuk pengalaman hidup di pedesaan atau mendekati pedesaan.

Akses ke alam menjadi sangat penting mengingat kelanjutan kerja-dari-rumah. Tahun 2023 ini kita akan banyak menjumpai tempat-tempat yang memiliki ruang luar yang berkualitas.

4. Keberlanjutan yang Ditingkatkan

Penggunaan material bangunan secara lebih bertanggungjawab serta munculnya lebih banyak bangunan berdesain biophilic di tahun 2022 silam membuktikan bahwa semakin banyak orang sadar untuk menekan dampak negatif bangunan terhadap lingkungan dengan cara memaksimalkan efisiensi energi, menerapkan konstruksi hijau, dan menggunakan material yang sederhana. Tren arsitektural ini diharapkan akan terus berlanjut hingga tahun 2023 ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *